Kurir Narkoba Babel di Upah Rp 10 Juta, dan Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara

Kurir Narkoba Babel di Upah Rp 10 Juta, dan Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara
Kurir Narkoba Babel di Upah Rp 10 Juta, dan Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara • sn/red

Selecta News, Babel- Diupah Rp 10 Juta kurir bawa 1,1 Kilogram bakal terancam hukuman 20 tahun atau seumur hidup dalam penjara. Begitu tangkapan Badan Narkoba Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung (Babel).

Apesnya, uang yang diidam-idamkan itu belum dinikmati pelaku sudah keduluan ditangkap
aparat hukum dan diancam hukuman 20 tahun penjara.

Penangkapan pelaku terjadi hari Minggu pekan lalu, di Pelabuhan Sungai Selan, Kab.Bangka, saat itu pelaku inisial IS (49), hendak membawanya kepada pemesan.

Pelaksana tugas (Plt), Kepala BNNP Babel, Kombes Pol Purwoko Adi mengatakan, pelaku berlayar sendirian dari daerah asalnya di Sumatera Selatan (Sumsel) menuju Pulau Bangka.

Namun pelaku tidak tahu bahwa perjalanannya sudah diintai selama dua hari oleh BNNP sebelum ditangkap.

"Pengakuan pelaku (dia), akan mendapat upah antar sebesar RP 10 juta. Tapi uang yang ditangan dia hanya Rp 25 ribu, timbul persepsi apakah sudah habis uang yang sebesar Rp 10 juta itu, atau sama sekali belum dia terima," kata Purwoko, Jumat lalu.

Pelaku IS, saat hendak ditangkap, sambung Purwoko Adi, berupaya untuk membuang barang haram itu ke laut. Namun penyidik tidak kalah sigap dan berhasil menemukan
paket sabu seberat 1,1 Kg di dalam drum.

"Dalam penemuan barang bukti oleh petugas BNNP Bangka, oleh pelaku IS sempat berusaha untuk mengelaknya. Tapi petugas kami dengan ainal yakin berhasil menemukan seberat 1,1 Kg sabu yang disimpan rapi dalam tong drum," ujarnya.

Akhirnya pelaku IS langsung digiring ke BNNP Bangka untuk proses penyidikan lebih lanjut. Selain sabu, petugas mengamankan 1(satu) handphone, uang sejumlah Rp.25 ribu, bungkus sabu yang masih kosong dan sebuah speed lidah.

"Pelaku terancam hukuman maksimal 20 tahun, dan minimal 5 tahun penjara. Karena melanggar pasal 114 ayat (2), subsider pasal 112 ayat (2), Undang- Undang (UU) Nomor. 35 tahun 2009, tentang narkotika," tutup Adi.(wan/shaf-red)

Barrier Gate

Berita Terkait