Gedung Anggota DPR RI Yang Serba Mewah, Juga Memiliki Mobil Dinas Pelat Nomor Kendaraan Khusus

Gedung Anggota DPR RI Yang Serba Mewah,  Juga Memiliki Mobil Dinas Pelat Nomor Kendaraan Khusus
Gedung Anggota DPR RI Yang Serba Mewah, Juga Memiliki Mobil Dinas Pelat Nomor Kendaraan Khusus • sn/red

Jakarta, Selecta News- Anggota DPR RI yang terhormat menghuni di Gedung mewah dengan kursi empuk hingga meja pun berkilau, sehingga siapa saja bisa duduk di Gedung Dewan itu akan merasakan nikmat dan bahagia.

Belum lagi anggota dewan wakil rakyat kita tersebut, baru baru ini sempat buat heboh publik atau rakyat kecil terkait mobil dinas yang dipakai kedepannya supaya memiliki pelat nomor khusus, agar mudah dikenali
kenderaan tersebut milik anggota dewan. Tapi, kalau kembali publik bertanya dan seberapa pentingnya pelat nomor khusus untuk yang terhormat anggota DPR RI.

"Karena gencarnya suara rskyat di ibukota
mulai angkat bicara yang mewakili anggota dewan lainnya, dari wakil Ketua Umum Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni kepada awak media, pada Rabu kemarin lalu, yang menangkis dengan jawabannya, bahwa sebenarnya pelat nomor khusus DPR RI ini hanya sebagai penanda," akuinya

"Singgungnya sama seperti kenderaan Kementerian dan lembaga lainnya.juga memikiki pelat nomor sendiri.

Kemenhan punya sendiri, Polri juga punya dan TNI punya sendiri, yang penting sesuai dengan aturan dan tak perlu dipersoalkan, tambah Ahmad, ini hanya urgensinya saja mengetahui sebagai kenderaan Anggota DPR RI, sama seperti Kedutaan maupun Lembaga lainnya, dan sekali saya sebutkan asal sesuai mekanisme serta aturan yang ada pada lembaga masing- masing," terang Ahmad Sahroni.

Anggota Dewan yang murah senyum ini ngomong samanya lalu menyampaikan terkait pelat nomor kenderaan khusus bagi Anggota Dewan dan yang terpenting menurut dia, harus memenuhi prusedur sesuai aturan yang berlaku dan tidak menyalahi ketentuan yang ada.

Namun, semuanya harus dikeluarkan dan diketahui pihak Polri dan berlaku untuk seluruh Anggota DPR RI dan sekarang baru sebagian anggota dan pimpinan komisi," ungkap Sahroni.

Seharusnya pihak aparat kepolisian perlu mencatat kebenarannya soal pelat nomor untuk kenderaan khusus anggota DPR RI.

Persoalannya, Kapolri sudah mengirimkan telegram kepada para Kapolda pun akhirnya membuahkan hasil. Di dalam telegram itu tertera tanggal, 15 Maret 2021,dijelaskan
Surat Telegram dari Kapolri kepada para Kapolda, dan tembusan surat telegram kepada Irwasum Polri, Asrena Kapolri, Kadivpropam

Polri dan Kadivhumas Polri.

Telegram Kapolri dijelaskan, sehubungan dengan referensi diatas dalam Undang Undang Nomor. 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang Undang Nomor. 22 Tahun 2002, tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, Undang Undang Nomor. 17 Tahun 2014, tentang MPR KMA DPR, DPD dan DPRD, Peraturan Presiden Nomor. 26 Tahun 2020, tentang Sekretariat Jenderal DPR RI, Peraturan Kapolri Nomor. 5 Tahun 2021, tentang Registrasi dan Identifikasi kenderaan bermotor (ranmor), diinformasikan kepada Kapolri, bahwa Sekjen DPR RI telah menerbitkan, "Peraturan Sekjen DPR RI Nomor. 4 Tahun 2021, tentang Penertiban dan Penggunaan STNK dan TNKB khusus bagi Pimpinan dan Anggota DPR RI supaya memberikan identitas khusus dan pengamanan ranmor Pimpinan serta Anggota DPR RI untuk kelancaran pelaksanaan Giat Konstitusional.

TNKB khusus untuk Anggota DPR RI diterbitkan untuk pelat nomor kenderaan khusus DPR RI yang telah teregistrasi oleh Polri yang dibuktikan dengan buku pemilik kenderaan bermotor (BPKB), Tanda Nomor Kenderaan Bermotor (TNKB) dan Surat Tanda Nomor Kenderaan (STNK), yang sah dan masih berlaku serta telah membayar pajak kenderaan bermotor (PKB),yang dibuktikan dengan Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) yang sah masih berlaku.
(leo, s/shaf)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait