Perpanjang dan Pembuatan SIM Dapat Malalui Telepon Genggam Dari Aplikasi. Ajakan Valentino Pada Masyarakat

Perpanjang dan Pembuatan SIM Dapat Malalui  Telepon Genggam Dari Aplikasi. Ajakan Valentino Pada Masyarakat
Perpanjang dan Pembuatan SIM Dapat Malalui Telepon Genggam Dari Aplikasi. Ajakan Valentino Pada Masyarakat • sn/red

Selecta News, Medan- Pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), sudah bisa dilakukan melalui handphone seluler (telepon genggam) atau aplikasi, menurut Direktur Lalulintas Polda Sumut, Kombes
Pol Valentino Alfa Tatareda seakan mengajak masyarakat yang membutuhkan SIM.

Dia bilang saat ini sudah bisa daftar melalui aplikasi online untuk pembuatan SIM baru maupun perpanjangan (masa berlaku 5 tahun SIM sudah habis).

Pengurusan sudah berjalan di kantor Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut/ Kantor Bersama Samsat Medan Utara, kata Valentino, besok akan dilaunching secara nasional.

Persoalan layanan pembuatan SIM C dan
SIM A serta SIB 1 bisa melalui Handphone genggam dari aplikasi, Jelasnya, dan masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi) dan bisa digunakan mulai hari Senin, 12 April.,,2021 hari ini.

Bagi pemohon SIM, tambah Direktur Valentino, "tidak perlu repot datang ke lokasi pembuatan SIM untuk ambil nomor antrean, langsung di proses tidak seperti dahulu pakai antrian," ujar Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda sembari menuturkan," segala proses pengujian, seperti ujian teori untuk memperoleh SIM juga dilakukan secara online serta transparan yang terdapat dalam aplikasi tersebut," imbuhnya.

Cara pengujiannya tidak hanya teori, terdapat juga uji psikologis yang menggunakan aplikasi E-PPsi serta pelayanan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes," ungkapnya.

Sementara mereka yang mengajukan pembuatan SIM baru harus tetap datang ke Satpas untuk melakukan praktek secara langsung di tempat pembuatan SIM, meski harus terlebih dahulu melaksanakan uji teori yang terdapat pada aplikasi sinar.

Soal pembayaran juga dilakukan secara
cashless yakni, pemohon diminta lakukan pembayaran melalui Bank BRI, baik dengan cara transfer maupun datang langsung ke BRI.

Selanjutnya, langkah langkah yang harus diikuti saat melakukan pembuatan SIM secara online.

Yang diperhatikan cara menggunakan telepon genggam untuk aplikasi yakni,

1, Download Aplikasi.

2. Verifikasi No.HP (OTP).
3. Registrasi (Nik,SIM, foto KTP dan Selfie.(shaf / zie)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait