Hari Ini, Pertamina Turunkan Lagi Harga Pertamax Rp 200 per Liter

Hari Ini, Pertamina Turunkan Lagi Harga Pertamax Rp 200 per Liter
Hari Ini, Pertamina Turunkan Lagi Harga Pertamax Rp 200 per Liter • kd

Selecta News- PT Pertamina kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak atau BBM berlaku mulai 1 Februari 2020. Harga Petramax diturunkan Rp 200 per liter menjadi Rp 9.000 per liter.

Mengutip pengumuman dalam situs perseroan, penyesuian harga BBM dilakukan guna mengimplementasikan Keputusan Menteri ESDM 187K/10/MEM/2019.

Adapun keputusan tersebut mengatur formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis BBM umum jenis bensin dan solar yang disalurkan melalui SPBU dan stasiun pengisian bahan bakar nelayan.

Penurunan harga antara lain dilakukan Pertamina pada BBM jenis Pertamax Rp 200 per liter dan Pertamax Turbo Rp 50 per liter. Sementara harga solar nonsubsidi dinaikkan Rp 100 per liter.

Harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Pada sejumlah wilayah, antara lain di DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, seluruh pulau Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, harga Pertamax ditetapkan menjadi Rp 9.000 per liter. Sedangkan harga Pertamax Turbo Rp 9.850 per liter dan solar nonsubsidi Rp 9.400 per liter.

Kemudian di wilayah Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, seluruh pulau Kalimantan, Sulawesi Maluku, dan Papua, Pertamax dijual seharga Rp 9.200 per liter. Harga Pertamax Turbo dijual Rp 10.050 dan solar nonsubsidi Rp 9.600 per liter.

Sementara di wilayah Riau, Kepulauan Riau, dan Batam, harga Pertamax ditetapkan Rp 9.400 per liter. Sedangkan haga Pertamax Turbo Rp 10.250 per liter dan solar nonsubsidi Rp 9.800 per liter.

Ini merupakan kali kedua Pertamina melakukan penyesuaian harga BBM pada tahun ini. Pada 5 Januari lalu, Pertamina juga menyesuaikan harga BBM hingga Rp 1.500 per liter.

Penyesuaian harga tertinggi itu dilakukan pada jenis BBM Pertamax Turbo. Sedangkan harga Pertamax diturunkan Rp 650 per liter.(sn/kd)

Barrier Gate