6 Tradisi Menyambut Tahun Baru Imlek

6 Tradisi Menyambut Tahun Baru Imlek
6 Tradisi Menyambut Tahun Baru Imlek • red

Jakarta, Selecta News- Perayaan Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru Tiongkok merupakan hari pertama kalender berdasarkan perhitungan Bulan dalam suatu siklus. Dalam setahun itu, ada 12 shio berlambang binatang dengan perayaan festival musim semi.

Hari Raya Imlek 2571 ini merupakan Tahun Tikus Logam. Memiliki makna sebagai tahun yang kuat, makmur, dan keberuntungan.

Sementara dalam sejarahnya, perayaan Tahun Baru Imlek biasanya dijadikan sebagai ajang berkumpul. Sehingga semua keluarga dapat merayakan secara bersama.

Tahun Baru Imlek dirayakan secara megah di negara asal, yaitu Tiongkok. Tak hanya itu, negara-negara yang dihuni penduduk keturunan Tionghoa juga merayakannya dengan megah.

Sementara perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia juga tak kalah megah. Termasuk di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, yang punya sajian berdasarkan tradisi warga Tionghoa merayakannya.

Saat ini dalam menyambut Tahun Baru Imlek, ada beberapa tradisi yang bakal Anda temui di Hotel Mulia. Berikut di antaranya:

1. Chinese New Year Hampers

Saat tahun baru Imlek, tak jarang keluarga atau kerabat dekat memberikan kita sebuah bingkisan atau parcel. Bingkisan yang dikemas khusus ini sebagai doa dengan harapan kemakmuran dan keberuntungan untuk keluarga dan teman.

Bingkisan khas Imlek ini biasanya diisi kue-kue kering. Dan, hingga 27 Januari 2020 nanti, di Chocolate Boutique, Hotel Mulia, Anda bisa memesannya secara online.

2. Chinese New Year Afternoon Tea

Manjakan musim ini dengan berbagai kue khas Imlek. Apalagi dikemas spesial oleh Chef Hotel Mulia Senayan.

Set jamuan teh sore ini terinspirasi oleh budaya Canton dan Szechuan. Yang merupakan perwujudan perjalanan kuliner makanan tradisional Tionghoa. Jamuan teh sore ini mulai dari Bebek Peking, Nian Gao Goreng, hingga Kueku dengan isian lotus. Sajian ini telah ada sejak 15 hingga 31 Januari di Bleu8 dan Cascade Lounge, Hotel Mulia.

3. Chinese New Year Feast

Tahun Baru Imlek merupakan momen berkumpul untuk keluarga besar. Menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Di Hotel Mulia, para tamu juga dapat menikmati deretan perayaan makan bersama yang mengasyikkan dengan sajian kuliner di restoran bergengsi, yang tentunya disiapkan oleh para Chef. Tersedia mulai 24 Januari pada makan malam, 25 Januari (makan siang) di Table8 (Set Menu), juga di The Cafe, Orient8, dan Edogin (Prasmanan).

4. Yee Sang

Adalah berupa salad yang merupakan bagian integral Tahun Baru Imlek. Kemewahan kuliner yang luar biasa ini dan lontaran kemakmuran dari setiap elemen di piring Yee Sang. Sajian ini dilengkapi insan buri oh, ubur-ubur, sayuran, dan saus jeruk mandarin.

Tradisi menikmati Yee Sang ini cukup unik. Semua orang yang di sekitar meja harus berdiri dan menggunakan sumpit besar untuk mencampur dan melemparkan salad saat untaian doa khusus dilontarkan. Berdasarkan kepercayaan turun menurun, semakin tinggi salad dilempar, semakin baik keberuntungan pada tahun mendatang.

6. Pertunjukan Barongsai

Perayaan Tahun Baru Imlek belum lengkap tanpa adanya pertunjukan Barongsai. Di Hotel Mulia, tamu dapat bertemu dan memberikan angpao kepada Barongsai, yang merupakan simbol kebijaksanaan, keberanian, dan kekuatan.

Atraksi Barongsai bakal ada pada 24 Januari 2020 dan berlangsung selama dua sesi, mulai pukul 6 malam di Lobi Hotel Mulia, kemudian mengunjungi Table8, Cascade Lounge, The Cafe, Orient8, iL Mare, Bleu8 melewati Chocolate Boutique, Cake Shop, dan CJ's Bar.

Tak hanya tradisi yang bakal dilakukan di hotel ini. Sebab bagi Anda yang suka berswafoto bakal ada photo booth bernuansa khas Imlek.(sn/red)

Iklan Center 970x90