Ernie Djohan 'Kembali Muda' Lewat Konser 55 Tahun Berkarya

Ernie Djohan 'Kembali Muda' Lewat Konser 55 Tahun Berkarya
Ernie Djohan 'Kembali Muda' Lewat Konser 55 Tahun Berkarya • cnn-i

Jakarta, Selecta News-Di kalangan anak ‘zaman now’ nama Ernie Djohan mungkin tak lagi terlalu dikenal. Padahal ia adalah suara asli di balik lagu Teluk Bayur. Ernie adalah diva yang hit di era 1960-an.

Kini, tembang kenangan dari era itu bakal kembali berkumandang. Sang penyanyi legendaris akan menggelar konser tunggal merayakan 55 tahun berkarier di belantika musik Indonesia.

Konser itu diselenggarakan pada 10 Desember mendatang.

Untuk memberikan kesan ‘zaman now’ di konser lagu-lagu lawas itu, Ernie menggandeng penyanyi muda seperti Marcell Siahaan dan Lucky Octavian, jebolan Indonesian Idol.

Konser bertajuk ’55 Tahun Berkarya untuk Bangsa’ itu sebenarnya hendak digelar saat ulang tahun Ernie yang ke-66 pada April lalu. Namun, berbagai hambatan membuat rencana itu mundur hingga Desember mendatang.

"Konser ini mission impossible banget. Awalnya saya ingin pas di ulanga tahun ke-66, tapi banyak masalah yang tak bisa dilalui. Saya serahkan pada Tuhan dan baru bisa terlaksana Desember ini," kata Ernie saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/11).

Dalam konser yang akan digelar di XXI Ballroom Djakarta Theater itu, Ernie rencananya menyanyikan 22 lagu. Setiap nyanyian menggambarkan perjalanan karier Ernie sejak 1962.

Tembang mahakarya Ernie seperti Teluk Bayur dan Kau Selalu di Hatiku menjadi lagu wajib yang akan dibawakan sang diva. Ernie mengaku sudah menggelar beberapa kali latihan dan siap untuk konser tunggal keduanya ini.

Bersama Marcell, penyanyi berdarah Minang itu bakal berduet menyenandungkan Mutiara yang Hilang. Marcell juga akan bernyanyi solo membawakan karya Ernie, Mengapa Tiada Maaf.

Marcell pun mengaku sudah tak sabar sepanggung dengan penyanyi yang diidolakannya itu.

"Bersemangat banget. Tinggal menunggu seperti apa eksekusi dan aransemennya. Semoga saya bisa menahan gejolak naga-naga lapar di perut saya," tutur Marcell.

Sementara dengan Lucky, Ernie akan membawakan single terbaru mereka berjudul Alhamdulillah. Lagu religi pop itu sengaja dirilis menyambut konser 55 tahun ini. Selain itu, Lucky juga bakal menyenandungkan lagu hit Senja di Batas Kota.

"Suatu kehormatan yang sangat luar biasa. Saya yang masih bukan siapa-siapa bisa satu momen dengan diva legendaris Indonesia," ucap Lucky.

Konser dan kolaborasi Ernie, Marcell dan Lucky itu bakal diiringi oleh aransemen dari Astrid Lea Orchestra. Astrid sudah berpengalaman mendampingi Erni ketika konser tunggal pertama pada April 2001 lalu. Namun, ketika itu Astrid bergabung dengan orkestra lain.

Astrid mengaku tak kesulitan merancang aransemen untuk Ernie yang mudah diajak berdiskusi. "Mau dibikin musik kayak apa, langsung jalan," ujar Astrid.

Tiket konser Ernie itu dijual secara terbatas dengan harga Rp1,5 juta yang sudah termasuk makan malam bersama.

Ernie Djohan merupakan penyanyi legendaris Indonesia yang mulai berkarier di usia 11 tahun di Singapura.

Ditahun 1962 itu, Ernie menjadi bintang Radio Talentime Singapura. Dia lalu diajak rekaman bersama label Philips Singapura menyanyikan lagu berbahasa Inggris dan Singapura.

Setahun berselang, Ernie kembali ke Indonesia dan mulai merintis karier di Tanah Air. Saat itu dia dijuluki pelopor penyanyi cilik Indonesia. Pada 1965, nama Ernie kian melejit lewat album keduanya dengan lagu andalan Teluk Bayur.

Ernie menjadi artis pertama Indonesia mendapat Golden Record karena album yang berbentuk piringan hitam itu terjual jutaan kopi.

Ernie juga kerap manggung di luar negeri karena kemampuan berbahasa asing yang baik. Dia pernah membawakan lagu dalam bahasa Spanyol, Italia, Perancis, Afrika, India, China, dan Thailand.(sn/cnn-i)

Iklan Center 970x90