Bertemu Pengusaha AS, Jokowi Ajak Bangun Infrastruktur

Bertemu Pengusaha AS, Jokowi Ajak Bangun Infrastruktur
Bertemu Pengusaha AS, Jokowi Ajak Bangun Infrastruktur • wbp-bs

Jakarta, Selecta News- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak pengusaha Amerika Serikat (AS) turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Ajakan itu disampaikan Kepala Negara saat menerima sekitar 30 pengusaha AS yang tergabung dalam US-ASEAN Business Council di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (5/12).

“Saya berharap delegasi bisnis AS dapat mengoptimalkan peluang untuk mempromosikan kerja sama, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia,” kata Kepala Negara.

Pada pertemuan yang berlangsung akrab, Presiden Jokowi didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Sementara delegasi pengusaha AS dipimpin President & CEO of the US-ASEAN Business Council Alexander Feldman dan Ketua Dewan Bisnis AS-Asean untuk Indonesia LV Vaidyanathan.

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia bersikap terbuka untuk bertukar pandangan tentang kerja sama antara Indonesia, ASEAN, dan AS. Pada 2018, pertumbuhan ekonomi ASEAN rata-rata sebesar 5,1 persen, jauh lebih tinggi dari pertumbuhan global. Di sisi lain, perekonomian Indonesia dalam lima tahun terakhir telah tumbuh di atas 5 persen.

“Indonesia dan ASEAN akan berlari lebih cepat untuk mendapatkan pertumbuhan dan pemerataan. Kami terbuka untuk kerja sama dengan negara mana pun demi mencapai kepentingan yang saling menguntungkan,” kata Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, dalam situasi saat ini, baik dalam hal politik maupun keadilan ekonomi, kehadiran AS tidak hanya menguntungkan ASEAN, tetapi juga menciptakan stabilitas dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik.

“Saya mengamati hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat cukup kuat, khususnya pada kerja sama ekonomi,” kata Presiden Jokowi.

AS adalah mitra dagang terbesar keempat Indonesia. Investasi AS di Indonesia berkisar US$ 1,2 miliar dan pada tahun 2024 mendatang, Indonesia dan AS sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan menjadi US$ 60 miliar.(sn/wbp-bs)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait