Kapolri Tunjuk Kakorlantas Baru, Ini Dia Pemegang Jabatannya

Kapolri Tunjuk Kakorlantas Baru, Ini Dia Pemegang Jabatannya
Kapolri Tunjuk Kakorlantas Baru, Ini Dia Pemegang Jabatannya • okp

JAKARTA, Selecta News- Setelah banyak mengeluarkan inovasi di bidang lalu lintas, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri, resmi dimutasi sebagai Koordinator staf Ahli Kapolri (Koorsahli).

Mengutip dari NTMC, keputusan mutasi tersebut tertuang dalam telegram Kapolri baru, yakni Jenderal Pol Idham Azis dengan nomor ST/3020/XI/KEP./2019 yang terbit pada Jumat (8/11/2019) lalu.

Surat tersebut diteken oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Eko Indra Heri, atas nama Kapolri sendiri.

Posisi Kakorlantas yang sebelumnya diemban oleh Refdi, digantikan oleh Brigjen Pol Istiono yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bangka Belitung.

Dengan menjabat sebagai Kakorlantas. Istiono pun akan menyandang bintang dua atau menjadi Irjen Pol.

Diketahui, Istono juga memiliki banyak latar belakang yang berkaitan dengan ranah lalu lintas maupun ruan lingkup korlantas Polri sendiri.

Beberapa jabatan penting pernah dilakoninya, mulai dari Kasat Lantas di beberapa Polres, Dirlantas berbagai Polda, hingga Kadenwal PJR Korlantas dan Kabagops Korlantas.

Tak hanya Refdi, dalam surat telegram tersebut juga ada beberapa mutasi lain yang dilakukan oleh Kapolri.

Totalnya dikabarkan ada 206 perwira menegah dan tinggi yang ikut mendapat penyegaran posisi.

"Intinya ini merupakan mutasi rutin untuk menggantikan personel antara lain karena ada yang pensiun, mendapat tugas di luar struktur sehingga harus diganti, termasuk juga para kapolres yang mendapat jabatan promosi sehingga diganti dengan personel yang lain," kata Eko Indra Heri.

Irjen Refdi melakukan beberapa terobosan terkait kebijakan di aturan lalu lintas Indonesia. Refdi mencetuskan Smart SIM dan tilang elektronik.

Lalu sebelum dimutasi, Korlantas Polri juga sedang menyiapkan rencana penggantian STNK dari kertas menjadi kartu.

Selain itu, ada juga kebijakan yang bersifat digitalisasi lainnya seperti Samsat Online Nasional. Semua kebijakan itu tentu bertujuan untuk memudahkan masyarakat pemilik kendaraan, dalam melaksanakan kewajibannya tanpa harus berbenturan dengan birokrasi yang rumit.

Pergantian pucuk pimpinan di Korlantas Polri ini, diharapkan tetap memberikan terobosan pelayanan publik, untuk makin membantu masyarakat pemilik kendaraan kedepannya.

Selamat bertugas Irjen Refdi sebagai Koordinator staf Ahli Kapolri (Koorsahli), dan selamat bertugas juga buat Istiono sebagai Kakorlantas yang baru.(sn/okp)

Iklan Center 970x90