Polda Sumut Mengirim 500 Personel Brimob ke Papua

Polda Sumut Mengirim 500 Personel Brimob ke Papua
Polda Sumut Mengirim 500 Personel Brimob ke Papua • Polda sumut

Medan, Selecta News- Untuk menjaga NKRI aman terkendali dan kondusuf, Polda Sumut turut mengirim 500 personel Brimob ke Papua dan Papua Barat.

Dengan keberangkatan pasukan Brimob Polda Sumut itu, untuk memastikan situasi keamanan, ketertiban dan pemulihan pasca demo berujung anarkis di daerah tersebut pada beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, kondisi keamanan di Papua makin tidak kondusif gelombang unjukrasa Mahasiswa.

dan nasyarakat terus berlangsung memprotes
rasisme terhadap mahasiswa Papua. Bahkan dalam pekan terakhir beberapa fasilitas publik, kantor- kantor pemerintahan dan
kantor media massa dibakar.

Untuk itu, aparat Polri dan TNI harus meningkatkan keamanan dengan mengerahkan pasukan untun mengamankan situasi.

"Dengan pengiriman personel Brimob ke Papua untuk dilibatkan memulihkan keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat,' ujar Kabid Humas Polda Sumut, Komves Pol Tatan Dirsan
Atmaja, Sabtu kemarin, 31.Agt 2019.

"Lebih lanjut mantan Waka Polrestabes Medan mengatakan, pelepasan pasukan Brimob Polda Sumut dilakukan secara bertahap dari Markas Brimob Tanjung Morawa, Deli Serdang,. Sum Utara sejak Jumat 30/8/2019.

Pasukan yang diberangkatkan pada gelombang pertama sebanyak 250 orang. Mereka langsung diterbangkan ke Jayapura.

Sedangkan sisa personel lain menunggu keberangkatan pada gelombang berikutnya,"tambahnya.

Personel Brimob dikirim, sambung Tatan, untuk tujuan operasi pengamanan dengan cara persuasif. "seperti ditegaskan Kapolda, personel harus mengutamakan cara- cara kemanusiaan dalam bertugas Persuasif.

Dan tudak sda menggunakan peluru tajam. Selain fokus kami pada pemulihan, lalu bila sudah kondusif,. seluruh personel akan ditarik," tukasnya.(zie/shaf)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait