Jokowi Minta Transportasi Berbasis Listrik ke Anies

Jokowi Minta Transportasi Berbasis Listrik ke Anies
Jokowi Minta Transportasi Berbasis Listrik ke Anies • ndc

Selecta News-Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara mengenai fenomena polusi udara di DKI Jakarta. Jokowi mendorong penggunaan transportasi umum berbasis listrik. Usulan ini akan disampaikan Jokowi ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Mestinya sudah dimulai kita harus mulai segera paling tidak transportasi umum, bus-bus. Nanti akan saya sampaikan ke gubernur, bus-bus listrik dan taksi listrik, sepeda motor yang sudah kita bisa produksi mulai listrik, skemanya seperti apa terserah gubernur," kata Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Jokowi menekankan, perlu adanya pola masyarakat untuk semakin masif menggunakan transportasi umum di Jakarta. Salah satu caranya dengan menerapkan electronic road pricing (ERP).

"Apakah lewat electronic road pricing yang segera dimulai sehingga orang mau tidak mau masuk ke tranportasi umum massal," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta sempat mengusulkan hujan buatan untuk mengatasi polusi. Terkait ini, Jokowi menyerahkan kepada Anies.

"Tanyakan gubernur," kata Jokowi.

Sebelumnya diberitakan, selama beberapa hari terakhir, kondisi udara di Jakarta dinyatakan tak sehat oleh AirVisual. Jakarta sempat termasuk menjadi kota paling berpolusi di dunia. Pada pagi ini, Jakarta menempati peringkat ke-3.

Menyikapi polusi di Jakarta, Anies mengatakan akan mengurangi sumber polusi, yaitu asap kendaraan bermotor. Anies ingin kendaraan-kendaraan berat yang masuk JORR (Tol Lingkar Luar) memenuhi standar emisi. Dia ingin hal ini bisa dipastikan sesegera mungkin.

"Untuk ini kita masih akan menghadapi situasi ini, beberapa waktu ke depan dengan kemarau amat tinggi. Jadi usaha kita tentu kita dorong lebih banyak lagi pengurangan di sumbernya. Pengurangan pertama adalah di kendaraan bermotor. Kami juga akan koordinasi dengan pengelola jalan tol," kata Anies di GOR Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (29/7).(ndc/sn)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait