Penembakan KKB selama Maret, 3 Prajurit TNI dan 3 Brimob Polri Gugur

Penembakan KKB selama Maret, 3 Prajurit TNI dan 3 Brimob Polri Gugur
Penembakan KKB selama Maret, 3 Prajurit TNI dan 3 Brimob Polri Gugur • ...

Selecta news.-Konflik bersenjata masih terjadi di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua. Sepanjang Maret 2019, tercatat dua kali kontak senjata mematikan antara anggota TNI dan Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Lokasinya pun di tempat yang sama yakni Distrik Mugi, tepatnya di kawasan bandara. kontak senjata pertama terjadi pada Kamis (7/3/2019). Satgas Nanggala yang sedang melakukan pengamanan di Bandara Mugi pada jalur pergeseran pasukan keamanan pembangunan infrastruktur Trans Papua terlibat kontak tembak dengan KKB.

Dalam kejadian itu, tiga prajurit gugur. Identitasnya yakni Serda Mirwariyadin asal Bima Nusa Tenggara Barat (NTB), Serda Yusdin dari Luwu Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Serda Siswanto Bayu Aji asal Grobogan Jawa Tengah (Jateng). Mereka telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan di daerah asalnya masing-masing dan mendapat kenaikan pangkat luar biasa melalui penghargaan Anumerta. Selanjutnya kontak senjata yang melibatkan Satgas Belukar Brimob Mabes Polri dengan KKB saat pengamanan pesawat heli di Bandara Mugi, Rabu (20/3/2019). Dalam kejadian itu Bharada Aldy yang berada di barisan paling depan sebagai pembuka jalan saat penyerangan gugur terkena tembakan.

Rekannya Ipda Arif Rahman dan Bharada Rafiq Fitrah Kurniawan juga terluka parah dan menjalani perawatan intensif. Namun nyawa keduanya pun tak terselamatkan. Mereka pun menambah daftar panjang anggota TNI dan Polri yang gugur dalam konflik bersenjata di Nduga Papua. Ketiga anggota Brimob Polri ini pun mendapat Penghargaan Anumerta berupa kenaikan pangkat luar biasa.

"Kenaikan pangkat luar biasa ini diberikan sebagai bentuk penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian," ujar Komandan Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri Brigjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca di Nunukan, Jumat (22/3/2019).(inw/sn/red)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait